Senin, 20 Juni 2016

PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN



PEMBAHASAN


  Komputer merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya. Dengan komputer kita dapat menciptakan design kita sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik. Begitu juga dengan menulis. Kita tidak perlu lagi menulis karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi dengan komputer semua dapat dilaksanakan dengan cepat dan teratur. Kita dapat merangkai atau menulis karangan halaman demi halaman dengan variasi tulisan yang kita inginkan. Di zaman sekarang ini semua dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal dengan komputer. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal komputer dan sudah banyak pula orang yang menggunakan komputer.

A. MANFAAT KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN

1.     Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  mereka.
2.    Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3.  Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4. Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.

B. FUNGSI KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

1.  Sebagai Mencari Bahan Informasi
Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi sangat mudah untuk mencari bahan informasi dalam bidang pendidikan. Seperti contoh, jika anda seorang sisawa dan membutuhkan referensi mengenai tugas - tugas yang dikerjakan, anda dapat menggunakan komputer via internet untuk mencari informasi yang diperlukan.
2. Untuk Media Pembelajaran
Dunia pendidikan dapat semakin maju lagi dengan proses pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Dimana banyak para pengguna yang dapat melakukan interaksi lebih nyata dan real seperti ketika melakukan presentasi menggunakan infocus. Berbeda jika anda melakukan hal tersebut secara manual, yang tentunya tidak akan tepat untuk memberikan informasi ke seluruh orang banyak.
3. Komputer Sebagai Tempat Penyimpanan Data
Dengan adanya komputer, seseorang dapat dengan mudah menyimpan berbagai macam data - data dalam jumlah banyak namun dengan tempat yang lebih kecil. Cara ini tentunya lebih efektif ketimbang anda menyimpan data - data dalam bentuk berkas - berkas kertas.
Selain dalam dunia pendidikan, manfaat besar lainnya dari komputer juga dapat anda temukan di dunia pekerjaan, bisnis, individu ataupun sebagai alat bantu penelitian - penelitian yang dilakukan.

C. PERANAN KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN     

  Komputer merupakan satu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan. Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses pengajaran ,serta membantu pelajar mengerjakan tugas ,  karena komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data dll .
Peranan komputer di bidang pendidikan diantaranya ialah sebagai berikut :
1.   Sebagai alat presentasi
Dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
    2.   Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan sampai sekarang posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3.   Sebagai alat hitung
Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah rata rata dan juga pembagian.
4.  Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas
Internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk Pdf ,html dan juga doc . dapat di akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala.

D.  CONTOH BENTUK-BENTUK PEMBELAJARAN DENGAN MEGGUNAKAN KOMPUTER

Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer.
Contohnya adalah sebagai berikut : 
  1. Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de) 
  2.  Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar. 
  3. Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner. 
  4. Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office. 
  5. Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan. 
  6. Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.

E. PERANAN ATAU MANFAAT TEKNOLOGI KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN YANG DIANTARANYA ADALAH E-LEARNING

1.  Lebih mudah mendapatkan materi atau informasi         
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya
2. Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
3. Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga          
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
4. Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun     
Seorang mahasiswa bisa saja bertanya pada temannya materi apa yang diajarkan hari ini atau tugas apa yang diberikan, jika hari itu dia tidak bisa berangkat karena suatu alasan. Dalam berinteraksi, dia bisa menggunakan media tulisan. Dia mengetik apa yang akan dibicarakan atau ditanyakan kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Dia juga bisa berinteraksi langsung, bisa bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara. Karena kemajuan teknologi, sekarang hal itu bisa terjadi dengan alat yang bernama webcam.
5. Bisa tahu materi atau tugas lebih awal       
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.

Sumber:
http://indomaterikuliah.blogspot.co.id/2015/01/peranan-peranan-komputer-dalam-bidang_24.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar